Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya disingkat CSR) bagi PT Bank Yudha Bhakti, Tbk (Perseroan) adalah suatu konsep bahwa Perseroan memiliki berbagai bentuk tanggungjawab terhadap seluruh pemangku kepentingan, yang diantaranya adalah konsumen/nasabah, karyawan, pemegang saham, dan lingkungan dalam segala aspek operasional Perseroan yang mencakup aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Secara garis besar CSR bagi Perseroan merupakan tanggungjawab terhadap masyarakat diluar tanggungjawab ekonomisnya.

Selain itu Perseroan memiliki komitmen untuk menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) melalui penyelenggaraan CSR sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam bidang sosial dan lingkungan untuk berperan serta dalam pembangunan berkelanjutan.

Dalam pelaksanaan CSR, Perseroan senantiasa berusaha untuk menerapkan beberapa hal diantaranya yaitu berkesinambungan atau suistanable, dimana Perseroan akan berupaya secara konsisten merancang program-program CSR yang memiliki dampak yang berkelanjutan, selain itu Perseroan juga berupaya bahwa program CSR yang dirancang merupakan program jangka panjang, dimana perlu disadari bahwa sebuah bisnis bisa tumbuh karena dukungan atmosfer sosial dari lingkungan disekitarnya, sehingga program CSR merupakan program yang dilakukan sebagai wujud pemeliharaan relasi yang baik dengan masayarakat. Sehingga dengan program CSR dari Perseroan diharapkan dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat, baik secara ekonomi, lingkungan maupun sosial.

Dalam menjalankan usahanya Perseroan tidak selalu mengedepankan kepentingan bisnis semata. Perseroan sangat sadar bahwa terdapat tanggung jawab lain yang harus dilaksanakan sebagai sebuah entitas bisnis yang juga merupakan bagian dari masyarakat. Tanggung jawab tersebut adalah meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, setiap tahun Perseroan selalu menyelenggarakan berbagai program CSR secara rutin sebagai bentuk kepedulian terhadap kualitas kehidupan masyarakat.

Program CSR Perseroan dimaksudkan untuk dapat mendukung terjalinnya hubungan yang serasi dan seimbang antara Perseroan dengan masyarakat, sesuai dengan nilai, norma dan budaya masyarakat. Sebagai suatu entitas yang berinteraksi dengan masyarakat, Perseroan berusaha untuk dapat memberi nilai lebih kepada masyarakat selaku stakeholder. Untuk itu, Perseroan memasukkan program CSR sebagai bagian dari proses bisnis perusahaan.

Ketentuan mengenai CSR Perseroan telah diatur melalui Surat Keputusan Direksi Nomor SKEP/154A/SET/BYB/IX/2016 tanggal 22 September 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Yudha Bhakti, Tbk. Mengacu kepada Surat Keputusan Direksi tersebut diharapkan program CSR Perseroan dapat lebih terselenggara dengan baik, dan sebagai wujud komitmen Perseroan terhadap penyelenggaraan CSR yang berkesinambungan.

Bentuk kegiatan CSR yang diselenggarakan Perseroan merupakan bentuk kegiatan yang dilaksanakan secara rutin atau yang sifatnya insidensial diantaranya adalah ;

  • Kunjungan dan santunan rutin ke rumah yatim piatu;
  • Kunjungan dan santunan rutin ke panti jompo;
  • Pengobatan massal bagi masyarakat yang tidak mampu, khususnya di lingkungan sekitar jaringan kantor Perseroan;
  • Sunatan missal bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu, khususnya di lingkungan sekitar jaringan kantor Perseroan;
  • Bedah rumah, khususnya bagi rumah milik pensiunan TNI, POLRI dan/atau PNS yang terpilih;
  • Pembagian sembako bagi para pensiunan TNI, POLRI dan/atau PNS yang terpilih;
  • Pelaksanaan donor darah oleh manajemen dan karyawan Perseroan;
  • Pelaksanaan edukasi literasi keuangan kepada konsumen dan/atau masyarakat;
  • Penyediaan sarana pelayanan kesahatan di beberapa kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu Perseroan yang diperuntukan bagi para pensiunan TNI, POLRI dan/atau PNS;
  • Penyediaan sarana pelayanan kesehatan bagi karyawan Perseroan dengan lokasi di Kantor Pusat Perseroan;
  • Penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan untuk seluruh karyawan baik inhouse training maupun dengan melibatkan pihak pengajar dari luar;
  • Penyampaian sumbangan berupa hewan Qur’ban kepada masjid-masjid di sekitar lingkungan Perseroan;
  • Penyampaian sumbangan untuk korban bencana alam;

Realisasi program CSR sampai dengan akhir Desember 2016 mencapai total lebih dari Rp. 660.261.955,- (enam ratus enam puluh juta dua ratus enam puluh satu ribu sembilan ratus lima puluh lima rupiah), dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain penyerahan hewan qur’ban kepada beberapa masjid dan koperasi TNI/POLRI dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1437 H, Bakti Sosial tahunan kepada 10 (sepuluh) panti asuhan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, pelaksanaan program bedah rumah bagi 5 (lima) orang pensiunan TNI/POLRI dan/atau PNS yang terpilih berdasarkan beberapa kriteria, penyerahan bingkisan paket Lebaran kepada para nasabah dan pensiunan TNI/POLRI dan/atau PNS yang disalurkan melalui seluruh jaringan Kantor Perseroan, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan, pelaksanaan edukasi literasi keuangan kepada para anggota POLRI, serta penyelenggaraan sarana pelayanan kesehatan bagi karyawan serta pelayanan kesehatan bagi para pesiunan TNI/POLRI dan/atau PNS yang terdapat di Kantor Pusat Perseroan dan beberapa jaringan kantor Perseroan lainnya.

Program dan kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan oleh Perseroan tersebut merupakan wujud dan komitmen Perseroan pada prinsip-prinsip berkelanjutan, sekaligus bagaimana Perseroan dapat menjadi pemberi solusi di suatu lingkungan masyarakat. Selain daripada itu Perseroan juga ingin memberikan kontribusi terhadap peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan pensiunan khususnya serta peningkatan pemahaman masyarakat terhadap literasi keuangan. sehingga pada akhirnya diharapkan dapat terlihat bagaimana para stakeholder merasakan manfaat dengan adanya program dan pelaksanaan CSR Perseroan sebagai salah satu indikator keberhasilan program dan pelaksanaan CSR itu sendiri. Dan untuk itu Perseroan akan terus menjaga komitmennya di tahun-tahun mendatang untuk tetap meningkatkan dan mengedepankan keperdulian terhadap kepentingan-kepentingan para stakeholder secara lebih luas melalui program-program CSR lainnya.

 

PT Bank Yudha Bhakti Tbk

Gedung GOZCO

Jl. Raya Pasar Minggu Kav 32 Pancoran Jakarta Selatan 12780

Telp. (021) 2975-2975, 2975-2999

Fax. (021) 2975-2918

bi

ayo ke bank

lps

3p